Headlines News :
Home » , » Pengaruh Game Online Terhadap Psikis Anak Muda Milenial

Pengaruh Game Online Terhadap Psikis Anak Muda Milenial

Written By Pewarta News on Rabu, 26 Juni 2019 | 08.59

Beberapa Generasi milenial saat main game online. 
شبان اليوم رجال الغد                                   
(Pemuda sekarang adalah pemimpin masa depan). Apakah istilah ini masih releavan untuk keadaan pemuda saat ini?

Di Era milenial ini, perkembangan teknologi sudah semakin maju, diantaranya media elektronik, salahsatunya handhpone. Perkembangan teknologi ini bisa membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat khusunya pada pemuda. Dampak positifnya teknologi memudahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Sebaliknya, dampak negatif dari teknologi sendiri seseorang akan bermalas-malasan karena teknologi memudahkan sesseorang dalam melakukan segala hal. Contoh kecilnya adanya aplikasi grab itu memudahkan orang melakukan sesuatu seperti  halnya grab food itu membuat orang malas untuk pergi mencari makan karena hanya mengeklik makanan yang kita inginkan nanti akan diantar. Tidak hanya itu masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya seperti shopee, lazada dan lain-lain.

Di zaman sekarang ini, game online sudah tidak asing lagi di telinga kaum remaja. Beberapa tahun terakhir  ini, banyak kaum remaja gemar bermain game online. Hal ini didukung dengan banyaknya game center dilingkungan sekitar yang menawarkan dengan harga yang terjangkau oleh kaum remaja.

Game online merupakan bagian dari internet, di mana secara teoritis pengertian dari internet sendiri adalah jaringan komputer yang sangat luas yang menghubungkan banyak koneksi bisnis, institusi dan profesional. Internet membuat jumlah informasi yang begitu berlimpah menjadi semakin mudah untuk diakses lebih banyak orang lebih baik dari sebelumnya.

 Ketika internet menjadi alat yang bagus untuk berkomunikasi, ada beberapa pertanyaan tentang bagaimana cara anak-anak menggunakannya. Sebagian besar internet hanya digunakan oleh para pelajar untuk bermain Game Online daripada mencari sesuatu yang lebih berarti dan berguna bagi masa depannya. Bukannya bermain itu salah, hanya saja jika cara menggunakannya salah, maka itu yang dilarang.

Game online sendiri tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer . Meledaknya game online merupakan cerminan dari pesatnya jaringan komputer yang dahulunya berskala kecil sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Oleh sebab itu, banyak remaja yang menyisihkan uang sakunya untuk bermain game online berjam-jam hingga lama-lamaan kecanduan game online. Akibat nya remaja melupakan hal-hal yang penting seperti belajar, beribadah, bahkan kesehatan pun dilupakan.

Banyak penyebab yang ditimbulkan dari  game online, salah satunya disebabkan karena gamer tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas. Selain itu, karena sifat dasar manusia yang selalu ingin menjadi pemenang dan bangga semakin mahir akan sesuatu termasuk sebuah permainan.Dalam Game Online apabila point bertambah, maka objek yang akan dimainkan akan semakin hebat, dan kebanyakan orang senang sehingga menjadi pecandu. Penyebab lain yang dapat ditelusuri adalah kurangnya pengawasan dari orang tua, dan pengaruh globalisasi dari teknologi yang memang tidak bisa dihindari.

Bermain game online memang dapat berdampak positif, tetapi jika dibiarkan berlarut-larut hingga mengarah pada adiksi tentu akan memberikan dampak negative, diantaranya remaja tidak mempunyai skala prioritas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mendorong remaja untuk bertindak asosial, karena aktivitas bermain game online cukup menyita waktu berkomunikasi, baik berkomunikasi dengan keluarga maupun teman sebaya. Hal itu dapat menimbulkan kemalasan belajar, disebabkan kelelahan yang ditimbulkan setelah bermain game online, sehingga dapat memicu tindakan kekerasan, karena remaja mengimitasi tokoh secara berlebihan, sehingga memicu seluruh perilaku yang ditampilkan tokoh dalam permainan tanpa mempertimbangkan apakah hal tersebut berbahaya atau tidak. Perilaku imitasi yang berlebihan ini dapat pula memicu tindakan kriminal, tanpa sepengetahuan remaja, bahwa menyakiti orang lain secara fisik adalah suatu tindakan kriminal.

Dampak positif dari game online sendiri adalah dapat mendorong remaja menjadi cerdas, karena pemain game online menuntut daya analisa yang kuat dan perencanaan strategi yang tepat agar bisa menyelesaikan permainan dengan baik. Kelebihan yang bisa diperoleh oleh remaja dalam bermain game online adalah meningkatkan konsentrasi. Game online juga bisa memberi rasa rileks dan juga bisa mengendurkan urat saraf dari berbagai kesibukan setelah bekerja.

Adapun cara untuk mengatasi dampak negatif dari game online yaitu dengan mengurangi jam bermain game online dan lebih banyak mengisi waktu luang dengan membenahi dan mempersiapkan diri untuk menyambut masa depan yang masih panjang karena terlalu banyak bermain game juga tidak ada gunanya. Sebaiknya bermain game online hanya semata-mata sebagai alat untuk melepas lelah dan penat jangan jadikan game online sebagai kebutuhan pokok yang harus dimainkan setiap saat.

 Perilaku pemuda zaman sekarang tidak mencermikan ungkapan pemuda sekarang adalah pemimpin masa depan. Hal ini dikarenakan perilaku pemuda zaman sekarang lebih senang main game daripada belajar ilmu pengetahuan. Belajar ilmu pengetahuan sangat penting untuk diri kita maupun untuk negara karena dengan belajar wawasan kita akan luas. Indonesia membutuhkan pemuda-pemuda yang pantang menyerah dalam menggapai cita-citanya maupun cita-cita negara Indonesia.


Penulis: Muhammad Hanif Mahzumi
Mahasiswa Sosiologi UIN Walisongo Semarang

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website