Headlines News :
Home » , » Kemeriahan Acara Festival Bombo Ncera 2019

Kemeriahan Acara Festival Bombo Ncera 2019

Written By Pewarta News on Senin, 01 Juli 2019 | 19.16

Acara Festival Bombo Ncera. 
Bima, PEWARTANEWS.COM -- Festival Bombo Ncera 2019 berlangsung meriah yang dimulai dari hari Sabtu-Minggu tanggal 29-30 Juni 2019. Ribuan masyarakat memadati jalan lintas tente karumbu untuk menyaksikan berbagai suguhan pawai menarik dalam acara tersebut.

Pada festival Bombo Ncera tahun ini banyak perwakilan dari berbagai komunitas di berbagai wilayah Kota Bima maupun Kabupaten Bima ikut memeriahkan event tahunan ini.

Dimulai dari pukul 12:30 WIB para delegasi atau anggota pawai berjalan dari Desa Soki menuju wisata Bombo Ncera yang berlokasi lumayan jauh dari pedesaan. Lambaian hangat masyarakat desa Soki, Ncera dan Diha yang telah menunggu mengiringi langkah orang-orang yang pawai tersebut.

Di lokasi wisata alam Bombo Ncera para delegasi bersama Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, S.E. dan wakil  Bupati Bima maupun para tamu undangan mendapat suguhan budaya yang dibalut dalam kegiatan festival. Berbagai seni budaya tradisional khas Bima/Mbojo dan Indonesia mulai tarian, musik, patu cambe dan tradisi lainnya menjadi tontonan menarik bagi mereka.

Pantauan PEWARTAnews di lapangan, Sabtu (29/6/2019), terlihat antusiasme warga dan para delegasi menyaksikan acara tahunan ini. Panas terik matahari tidak menyurutkan masyarakat untuk menyaksikan berbagai suguhan menarik yang tersaji dalam acara tersebut.

“Saya datang sama anak-anak, pengen lihat saja. Kebetulan anak-anak lagi libur sekolah dan acaranya juga cuman setahun sekali.” kata seorang warga, Asti (38) saat di temui di lokasi.

Suasana saat acara Festival Bombo Ncera. 

 Dia mengaku, sengaja membawa anak-anaknya ke acara Festival Bombo Ncera 2019 untuk mengenalkan berbagai budaya Indonesia khususnya budaya Mbojo (Bima). Selain itu, dia juga ingin anak-anaknya tidak lupa tentang sejarah dan budaya yang orang Bima miliki.

‘’Ia kemarinkan tahu ada pawai budaya, ya bagus buat anak-anak. Sekalian main sekalian mengenalkan budaya keanak-anak hehehe,” ujarnya

 Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, S.E. berharap melalui acara ini bisa menjadi cermin kemajuan budaya di Kecamatan Belo khususnya di Desa Ncera. Kegiatan ini juga menjadi simbol persatuan diantara desa yang satu dengan desa yang lain.

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga saya kepada keluarga besar kecematan belo khususnya desa Ncera dari awal kita disajikan selain dari penampilan berbagai etnik budaya lebih-lebih kita disugukan dengan hadirnya seluruh elemen baik itu orang tua, generasi menengah, maupun generasi muda. Ini menandakan begitu semangat besar masyarakat dengan mendukung pelaksaan Festival Bombo Ncera,"  sebut Bupati Bima.

Lebih lanjut Bupati perempuan ini mengungkapkan, "Saya mengingatkan kita memiliki budaya yaitu Rimpu, kemudian rimpu ini memiliki khasan akan tenunan yang kita miliki semoga kita semua mampu menjaga itu termasuk diantaranya agar generasi-generasi muda juga bisa menenun seperti orang tuanya dan jangan sampai kedepan sudah tidak ada lagi generasi yang bisa menenun dan menghasilkan sarung (tembe) yang menandakan bagi kita semua,” ungkapnya.

Aswad sebagai Ketua Umum Komunitas Pemuda Pemerhati Bombo Ncera (KPPBN) juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan adanya Festival Bombo Ncera tersebut.

“Mempromosikan Wisata Alam Bombo Ncera baik di dataran kota maupun di manca negara supaya Bombo Ncera ini lebih di kenal luas lagi, kami ingin membangun budaya-budaya yang sudah punah atau mengangkat kembali beberapa budaya yang sudah punah dan bagaimana orang Belo ini menjadi rukun ataupun Belo ini menjadi ramah khususnya Desa Ncera," kata perempuan yang biasa dikenal dengan nama Yeke ini.

Lebih jauh, Yuke menyebut. "Saya juga berterima kasih kepada para Pembina KPPBN maupun pemerintah Desa Ncera, Soki dan Diha yang sudah ikut berkontribusi untuk mensukseskan acara Festival Bombo Ncera 2019 untuk kedua kalinya,” celotehnya.

Dalam kesempatan yang sama saudara Iwan Purwanto selaku ketua Panitia Festival Bombo Ncera 2019 juga menyampaikan.

“Kegiatan ini kami bangun untuk memperkenal budaya Bima (Mbojo) dan saya juga berterima kasih kepada seluruh pemerintah yang ada di kabupaten bima yang terutama kepala pemerintah desa yang ada di kecamatan belo yang telah mensuport dan membantu kami sehingga terlaksananya kegiatan kali ini,” sebut Iwan.  (Siti Hawa) 
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2018. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website