Headlines News :
Home » » Prodi Ilmu Hukum UIN Suka Gelar Pelatihan Penulisan Opini Hukum

Prodi Ilmu Hukum UIN Suka Gelar Pelatihan Penulisan Opini Hukum

Written By Pewarta News on Selasa, 23 Oktober 2018 | 17.16

Suasana saat Pelatihan Penguatan Kompentensi Kepenulisan Opini Hukum.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com -- Sabtu, 20 Oktober 2018, Pelatihan Penguatan Kompentensi Kepenulisan Opini Hukum kembali diselenggarakan oleh Program/Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Syaria’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di mana sebelumnya, telah menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum bagi mahasiswa ilmu hukum.

Kegiatan kali ini, Prodi Ilmu Hukum menggandeng Hicon (Law and Policy Strategic) yang sama-sama memiliki misi untuk meningkatkan daya minat kepenulisan mahasiswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Teknoclass Fakultas Syari’ah dan Hukum yang berkapasitas 100 orang. 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Hicon (Law and Policy Strategic) yaitu Hifdzil Alim, S.H., M.H. dalam kesempatannya, Hifdzil menyampaikan “Kegiatan Kepenulisan Opini Hukum ini adalah kegiatan yang paling enak diantara kegiatan lainnya. Di mana kalian (mahasiswa) akan dapat mengontrol dunia melalui analisis yang tertuang ke dalam tulisan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Hifdzil juga membeberkan bahwa yang dimaksudkan di atas adalah sisi positifnya. Untuk menjadi penulis yang produktif tentu tidak mudah. Oleh karena itu, perlu adanya kemauan diri sendiri dan keseriusan untuk menulis.

“Agar tulisan itu dapat dimuat oleh media, paling tidak ada empat cara yang dapat ditempuh,” terangnya. Pertama, berfikir dan menulis, kedua, harus memiliki kerangka penulisan, ketiga, menggunakan bahasa yang mudah dikonsumsi dan dipahami oleh pembaca dan terakhir keyakinan untuk berpihak.

Kegiatan di atas, bertujuan untuk menguatkan kembali daya nalar kritis seorang mahasiswa. Harapannya, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut tidak bingung lagi untuk berkompetisi di dunia kerja. Karena salah satu lapangan pekerjaan yang tidak terlalu melelahkan adalah menulis.

Reporter: Saiful Bari 

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website