Headlines News :
Home » » Prof. Rochmat Wahab: Menggali Potensi Spiritual menuju Transformasi Sosial

Prof. Rochmat Wahab: Menggali Potensi Spiritual menuju Transformasi Sosial

Written By Pewarta News on Kamis, 18 Oktober 2018 | 02.18

 Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. 
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Mantan Ketua Tanfidliyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PWNU DIY) masa bakti 2011-2016 Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. berkesempatan mengisi tausiah dalam sebuah acara “Sentuhan Qalbu” yang tayang di stasiun televisi nasional pada 21 September 2018. Tajuk yang yang diangkat “Menggali Potensi Spiritual menuju Transformasi Sosial”.

Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mengatakan, “Sebagai sunnatulah perubahan sosial tidak bisa dihindari dan berlangsung terus menerus di alam fana ini. Setiap makhluk harus bisa beradaptasi dengan baik sehingga hidupnya survive, tidak terlibdas oleh jaman. Terlebih-lebih di akhir-akhir ini, era RI 4.0, yang sering di-claim sebagai era disrupsi, era ketidakmenentuan dan kekacauan. Sekali lagi, apapun kondisinya tidak boleh membuat kita pesimis, tapi harus optimis,” bebernya.

Lebih lanjut Rochmat mengatakan bahwa manusia harus sering lakukan eksplorasi diri untuk menemukan potensinya. “Untuk itulah sebagai makhluk terbaik dan tersempurna di antara ciptaan lainnya, kita harus terus melakukan eksplorasi diri untuk menemukan potensi kita, terutama potensi spiritual yang kita mampu membimbing dan mengarahkan hidup kita sehingga kita bisa menemukan shiraathsl mustaqim menuju tempat yang terbaik di sisi-Nya,” ucap Rochmat.

Kata Rochmat, Potensi spiritual yang bisa ditemukan adalah karakter dan akhlaq yang baik, akhlaqul mahmudah, yang bertumpu pada qalbun salim dan pikiran yang suci dan jujur, yang dibangun sejak dalam kandungan, dibimbing sejak masa pertumbuhan dan perkembangan, dan dimantapkan hingga massa baligh dan mukallaf.

“Karena itu menjadi kebutuhan setiap individu, terlebih sebagai orangtua, guru dan tokoh masyarakat untuk bisa memainkan peran strategis itu pada saatnya tepat. Dengan begitu kita akan mampu mepertanggungjawabkan di hadapan Tuhan atas pembentukan karakter dan pribadi anak-anak kita,” kata sang Profesor Pendidikan UNY ini.

“Jika kita mampu antarkan anak-anak kita dengan baik, insya Allah mereka akan siap hadapi tuntutan transformasi sosial dengan produktif. Mereka akan siap hadapi jamannya dengan baik dan welladaptive,” timpal Rochmat. (001)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website