Headlines News :
Home » , » 2050 Diprediksi Ada 4 Kekuatan yang Membentuk Peradaban Masa Depan Dunia Utara

2050 Diprediksi Ada 4 Kekuatan yang Membentuk Peradaban Masa Depan Dunia Utara

Written By Pewarta News on Minggu, 11 November 2018 | 22.51

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. (berpeci).
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Menurut lelaki paruh baya yang sempat menjabat rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017, Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., mengatakan bahwa sekitar pada tahun 2050 mendatang diprediksi akan ada 4 kekuatan yang membentuk peradaban masa depan dunia utara, yaitu : trend demograpik, tuntutan sumber daya alam, perubahan cuaca dan globalisasi.

“Dunia utara dimaknai bukan hanya belahan dunia barat tetapi juga dunia timur. Sebagaimana yang pernah saya dapatkan komentar dalam forum diskusi dengan sejumlah ahli Jepang, bahwa dunia belahan timur bagian utara, misal Jepang, Korea, dan China tidak bisa dipisahkan dari bagian selatan, misalnya : negara-negara Asean, termasuk Negara-negara Asean, karena Jepang dan negara maju sekitarnya, khususnya dapat menjaga diri dengan baik.,” beber Prof Rochmat, belum lama ini di Yogyakarta, 05/10/2018.

Trend geograpik, kata Prof. Rochmat, bisa menjadi potensi besar jika dikelola dengan sebaik-baiknya, namun jika tidak dikelola dengan sebaik-baiknya boleh jadi akan menjadi beban dan malapetaka.

“Sumber daya alam adalah aset yang bisa habis, jika dikonsumsi secara berlebihan. Sementara kebutuhan dan tuntutan sumber daya alam akan terus berlangsung. Untuk menjaga sumber daya alam tetap bisa memenuhi kehidupan generasi mendatang sangat diperlukan pengelolaan sumberdaya alam secara hemat, produksi energi terbarukan, rekayasa sumber daya alam sedemikian rupa, sehingga tidak terjadi pemborosan yang berlebihan,” ucap lelaki yang juga sempat menjabat Ketua Tanfidliyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DIY masa bakti 2011-2016 ini.

Adanya perubahan cuaca, lanjut Rochmat, juga tidak bisa dihindari, terlebih-lebih dengan adanya pemanasan global yang membuat es yang ada di kutub utara dan selatan berangsur-angsur mencair yang berkonsekuensi logis terjadinya permukaan air laut naik dan banjir di mana-mana tidak bisa dihindari. “Banjir tidak hanya menguntungkan dalam batas-batas tertentu, namun di sisi lain banjir bisa akibatkan malapetaka,” kata Rochmat.

Lebih lanjut, Ketua III Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) masa bakti 2014-2019 ini mengatakan bahwa globalisasi, yang semula hanya terkait dengan dunia ekonomi, kini globalisasi sudah menyangkut semua aspek kehidupan, baik aspek sosial, kesehatan, budaya, pendidikan, sain dan teknologi, maupun kehidupan agama serta aspek lainnya, walaupun belakangan ini secara tidak langsung kebutuhan dunia IT menjadi primadona dan tidak bisa diabaikan. “Yang jejas bahwa arah globalisasi adalah meng-guide kita untuk mewujudkan perintah Allah Swt, bagaimana menjadi rahmat bagi seluruh alam,” cetus Rochmat.

Lebih jauh Prof Rochmat mengingatkan, walaupun kita yang berusia 50-an tahun, kita yang sebagian besar, boleh jadi tidak akan bisa melihat langsung realita pada 2050, namun paling tidak kita by designed sudah ingatkan generasi anak-anak dan remaja untuk benar-benar latihan memanaj waktu.

“Ingat, alwaqtu kassaiif, fain lam taqtha’hu qatha-aka, yang artinya, bahwa waktu laksana pedang, jika kamu tidak menggunakannya secara tepat maka akan penggal (leher) mu. Karena itu kita harus optimis dan menjaga waktu dengan sebaik-baiknya untuk produktif, jika tidak mampu mengelola waktu ke depan dengan aktivitas yang baik dan berkelas, maka akan merugi, karena tidak menjadi subjek tetapi menjadi objek. Gimana menurut Anda tantantangan masa depan ini?,” tutup Prof Rochmat dengan mengakhiranya dengan pertanyaan untuk kita dan seluruh warga Indonesia.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website