Headlines News :
Home » , » Rochmad Wahab: Guru-Dosen dalam Mendidik harus Didasarkan atas Rasa Kasih Sayang

Rochmad Wahab: Guru-Dosen dalam Mendidik harus Didasarkan atas Rasa Kasih Sayang

Written By Pewarta News on Selasa, 27 November 2018 | 14.26

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Persoalan pendidikan adalah persoalan kasih sayang, karena itu tiada pendidikan tanpa kasih sayang, demikian kata Langeveld (1905-1989) tokoh pendidikan asal Belanda. Menurut mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017 Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., pandangan Langeveld tentang persoalan pendidikan bukannlah sesuatu hal yang baru, karena sudah disebutkan juga oleh sang pencipta alam semesta ini dalam Al-Qur’an. “Sebenarnya pandangan ini bukan sesuatu yang baru, karena Allah Swt dalam menjaga, mengelola dan mendidik seluruh alam semesta ini dengan sifatnya Yang Maha Pengasih dan Penyayang. (Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiinar rahmaanir rahiim),” ucap Rochmat, 13/10/2018, di Yogyakarta.

Karena itulah, kata Rochmat, setiap perilaku orangtua atau guru/dosen dalam mendidik harus didasarkan atas rasa kasih sayang, bahkan dalam memberikan hadiah atau hukuman pun harus didasarkan pada sifat kasih sayang, bukan didasarkan atas niat memanjakan atau rasa kesal dan marah.

“Semoga Allah swt terus membimbing kita menjadi orangtua atau pendidik yang selalu mengedepankan rasa kasih sayang dalam mendampingi anak-anak kita, dan siswa-siswa atau mahasiswa/i kita. Aamiin,” harapnya. (MJ / PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website