Headlines News :
Home » » Karang Taruna Satria Muda Desa Ncera Gelar Penyuluhan Hukum

Karang Taruna Satria Muda Desa Ncera Gelar Penyuluhan Hukum

Written By Pewarta News on Rabu, 12 Desember 2018 | 01.28

Suasana saat diskusi yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Satria Muda Desa Ncera, 10/12/2018.
Bima, PEWARTAnews.com – Puluhan pelajar dari SMP, SMA maupun Pemuda secara keseluruhannya yang ada di Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima memenuhi ruangan kelas SMPN 3 Belo, pada hari Senin (10/12/2018).

Pelajar dan  para remaja tersebut sengaja dihadirkan untuk mendapat penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh Karang Taruna “Satria Muda” Desa Ncera Kecamatan Belo, Kabupaten Bima Periode 2015-2018. Tema yang diangkat yakni “Posisi Hukum dan Stabilitas Masyarakat Desa Ncera”. Penyuluhan hukum tersebut berjalan  sangat lancar dan para peserta sangat antusias dalam mendengar dan bertanya perihal persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat.

Acara Penyuluhan Hukum tersebut menghadirkan para pemateri yang terdiri dari Kapolres Kabupaten Bima yang di wakili Kasat Binmas AKP M. Saleh dan Kapolsek Kecamatan Belo yang diwakili oleh Kadek Sumetra, S.H.

Menurut salahsatu tokoh muda Ncera Dedi Purwanto, S.H., yang juga sebagai moderator acara tersebut mengatakan bahwasannya pada acara penyuluhan tersebut para pemateri mendemonstrasikan tentang pentingnya suatu tatanan pemuda yang bebas dari ketergantungan pada Narkoba, Miras, pencurian, dan pembegalan. “Selain itu juga disampaikan tentang posisi hukum disetiap interaksi individu dalam struktur sosial, bahkan setiap orang pada dasarnya mempunyai hak dan kewajiban yang nyata serta sama,” ucap Dedi melalui rilisnya yang diterima PEWARTAnews.com, 11/12/2018.

“Namun disisi yang lain, supaya haknya terealisasi dengan baik maka diharuskan pada setiap orang untuk menjalankan kewajibannya terlebih dahulu sebelum menuntut hak,” lanjut Dedi.

Kapolres Kabupaten Bima melalui Kasat Binmas AKP M. Saleh dalam sesi penutupannya menegaskan bahwa apa yang kita lakukan ketika mengusik kenyamanan dan ketertiban orang, maka konsekuensinya berhak mendapatkan ganjaran hukum atas sikap yang dilakukannya. “Setiap yang kita lakukan apabila sudah mengganggu hak orang lain maka hukum akan hadir sebagai hakim untuk mengadili bagi siapapun yang melakukan pelanggaraan, karena hukum harus berada diatas segalanya,” sebut M. Saleh.

Seperti yang diwartakan indikatorntb.com, Mei Mur’a selaku Ketua Karang Taruna Desa Ncera menyampaikan bahwasannya, diselenggarakannya kegiatan penyuluhan hukum ini sebagai upaya untuk memberikan penyadaran terhadap generasi muda tentang pentingnya menanamkan kesadaran hukum.

Sementara itu, Anwar selaku Kepala Desa Ncera memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap inisiasi yang dilakukan Karang Taruna Satria Muda dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, “Dengan diadakannnya kegiatan ini akan memberikan efek yang sangat luar biasa terhadap generasi muda di Desa Ncera,” cetus Anwar.

Selain itu, Camat Belo Bambang Setiawan, S.Sos. menyatakan, bahwa terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda untuk menanamkan nilai-nilai moralitas pada diri pemuda di Kecamatan Belo khususnya pemuda Desa Ncera. “Kegiatan ini adalah kegiatan yang luar biasa, semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap generasi muda untuk menanamkan nilai-nilai moralitas dalam diri pemuda itu sendiri”, tutur Bambang saat menyampaikan sambutannya.   

Umar Harun Kurniawan selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa suksesnya kegiatan penyuluhan hukum tersebut tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik pemerintah Desa Ncera maupun tokoh-tokoh pemuda yang berada di Desa Ncera.

Terakhir, Dedi Purwanto selaku moderator, dalam pernyataannya memaparkan bahwasannya acara penyuluhan hukum tersebut sangat bernilai edukatif dan membangun. “Penyuluhan seperti ini harus sering dilakukan supaya ruang-ruang patalogi sosial bisa dikendalikan dan dikontrol agar tidak semakin menyebar luas dan menambah kerusakan yang lebih parah,” tutupnya. (Siti Hawa)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website