Headlines News :
Home » » Keikhlasan Berjuang

Keikhlasan Berjuang

Written By Pewarta News on Kamis, 13 Desember 2018 | 21.49

Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.A.
PEWARTAnews.com -- Di Era Global saat ini dan di masa-masa mendatang, tantangan para kiai dan atau ulama tidak hanya di lingkungan, desa, kecamatan, kabupaten atau kota, di Indonesia, melainkan juga di seantero dunia. Tantangan bisa berupa fisik atau non fisik. Banyak tantangan yang bisa diatasi oleh para Kiai dan atau Ulama, tapi masih ada juga tantangan yang tidak bisa diatasi.

Alhamdulillah kita masih melihat sejumlah kiai atau ulama yang istiqamah dalam menjaga marwah dan maqamnya. Namun tidak sedikit terjadi ketidakpatuhan para santri atau ummat terhadap kiai dan atau ulama, karena sejumlah kiai dan atau ulama kurang memberikan teladan yang kurang baik. Beliau-beliau tergoda oleh godaan politik atau lainnya yang bersifat sementara sebagai akibat dari proxy war, musuh tak terlihat yang terkait dengan faham pragmatisme, materialisme, sosialisme, liberalisme, dan sebagainya.

Bisa dan atau tidak bisanya tantangan hidup global dewasa ini sangat tergantung pada banyak faktor, baik kompleksitas tantangannya sendiri maupun pada kualitas dan penampilan Kiai dan atau ulama yang bertumpu pada keikhlasan berjuang atau berjihad di jalan Allah swt.

Kita harus tetap berpegang teguh pada bimbingan Allah swt, Ya Ayyuhalladziina Aamanuu in Tanshurullaah Yanshurukum Wayutsabbit Aqdamakum (QS, Muhammad:3).  Di samping itu kita tetap menjaga ketaatan kepada Allah swt, Rasul-Nya dan Ulil Amri sepanjang Ulil Amri tetap menjaga nilai-nilai keagamaan dan tidak bertentangan dengan Al Kitaab dan Assunnah.

Semoga kuantitas dan kualitas Kiai dan atau Ulama terus meningkat, sehingga semakin banyak ummat yang bisa diselamatkan dari godaan dunia. Aamiin Ya Robbal Aalamiin.


Penulis: Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.A.
Guru Besar Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website