Headlines News :
Home » , » Kompetisi Harus Dibangun dengan Healthy Competation

Kompetisi Harus Dibangun dengan Healthy Competation

Written By Pewarta News on Selasa, 11 Desember 2018 | 13.26

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.A.
Yogyakarta, PEWARTAnews.com – Kompetisi bisa dikehehdaki, bisa juga harus dihindari, tergantung konteksnya. Begitu kata mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dua periode 2009-2017 Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. belum lama ini.

Kompetisi, kata Rochmat, dikehendaki karena menjamin keterbukaan, objektivitas, bahkan merupakan sunnatullah, karena kita sangat dianjurkan untuk fastabiqul khairaat. “Harus dihindari, karena kompetisi ada kecenderungan meniadakan, yang tidak hanya satu orang, tapi bisa banyak orang, bahkan bisa juga menghakalkan segala cara, sehingga hilangkan self esteem dan dignity. Jika ada yang menang, itupun jumlahnya terbatas bisa timbulkan rasa superior yang kadang kurang baik bagi dirinya dan orang lain,” beber Prof. Rochmat, pada 18 Oktober 2018, di Ygyakarta.

Jika kita ingin jadikan Kompetisi sebagai solusi terhadap masalah, ucap Rochmat, maka Kompetisi harus dibangun dengan healthy competation. “Kompetisi yang tidak hanya andalkan Individual Intelligence, melainkan Collective Intelligence. Kompetisi untuk bangun keunggulan bersama. Di sini interdiciplinair, multidiciplinair dan transdiciplinair sangat diperlukan untuk solusi masalah kehidupan kompleks,” sebutnya.

“Dengan begitu cooperative learning menjadi perlu sekali, karena memungkinkan bisa sharing antar anggota kelompok. Di samping terbangun juga objektivitas, kejujuran, empati dan respek,” tutupnya. (MJ / PEWARTAnews)

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website