Headlines News :
Home » , » Mengakhiri 2018

Mengakhiri 2018

Written By Pewarta News on Selasa, 01 Januari 2019 | 07.56

Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.A.
PEWARTAnews.com -- Tidak terasa hari ini, kita sampai di ujung tahun 2018. Rasanya baru beberapa saat yang lalu kita mulai 1 Januari 2018. Banyak yang sudah kita lakukan, baik urusan pribadi, keluarga, kantor, organisasi, atau masyarakat. Aktivitas itu berjalan bergantian bahkan simultan, baik sifatnya aktivitas personal maupun kolektif.

Ada sejumlah aktivitas yang dilakukan dengan hasil yang memuaskan sehingga menopang karir, ada juga beberapa aktivitas kurang berhasil, bahkan kegagalan. Keberhasilan dan kegagalan bisa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Jika direnungkan, keberhasilan kita sebenarnya lebih banyak dikontribusi oleh faktor eksternal apakah oleh dukungan dan bantuan pihak lain dan ridlo Allah swt. Sebaliknya kegagalan kita lebih banyak disebabkan oleh faktor internal, apakah kelemahan ataupun keterbatasan kemampuan.

Terhadap keberhasilan, kita patut mensyukuri dan mentafakuri. Kita semakin yakin atas peran pihak eksternal dan kekuatan transendental, serta masih terbatasnya peran personal. Karena itu sangat diperlukan menjaga keberlanjutan kontribusi pihak eksternal, di samping yang lebih penting optimalkan aktualisasi potensi dan kinerja pribadi. Terhadap kegagalan, seharusnya kita melakukan introspeksi dan menunjukkan kejujuran diri serta eksplorasi segala potensi yang dimiliki untuk dapat dikelola dengan baik dan sepenuh hati, sehingga dapat diaktualisasikan dalam bentuk prestasi.

Mensyukuri akan usia dan badan sehat yang diberi, sementara ada kerabat dan sahabat yang diuji sakit dan dipanggil menghadap-Nya untuk selama-lamanya di ujung-ujung tahun dan bulan ini. Semoga segala amal kebaikan dan pengabdian bisa lancar diterima Ilahi Rabbi dan bermanfaat bagi sesama serta diterima dengan senang hati. Mentafakkuri kesalahan dan dosa yang telah lewat baik disadari atau tak sadari, bagi sesama - semoga dapat dimaafkan dan dimaklumi, terhadap Ilahi Rabbi - semoga diampuni dan hati menjadi suci (qalbun saliim).

Semoga 2018 mengakhiri perbuatan tercela dan dibenci oleh Ilahi Rabbi, menyongsong 2019 dengan hidayatullah mantapkan perbuatan terpuji sampai akhir hayat nanti. Aamiin.


Yogyakarta, 31 Desember 2018
Penulis: Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M.A.
Dosen dan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta
Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website