Headlines News :
Home » , » Pustaka Semesta

Pustaka Semesta

Written By Pewarta News on Jumat, 31 Mei 2019 | 19.33

Dedi Purwanto, S.H.
PEWARTAnews.com -- Pustaka Semesta merupakan salah satu fasilitas yang berada di tempat wisata Bombo Ncera. Dan ketika kita mendengar kata pustaka tentu didalamnya menyimpan banyak buku dan teks-teks yang dianggap kompeten untuk merumuskan masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Dibalik suatu perpustakaan pada umumnya pasti didalamnya terdapat deretan buku-buku, namun kenyataannya berbalik dengan Perpustakaan Semesta yang ada di tempat wisata Bombo Ncera. Bisa di bilang, perpustakaan semesta hanya tersaji beberapa buku-buku dan itupun terbatas.

faktornya banyak, kenapa buku yang tersaji di situ terbatas. Pertama, karena bukunya memang tidak ada. Kedua, setelah bukunya tersaji kemudian hilang. dan Ketiga, kurangnya pastisipasi dari berbagai elemen untuk menyumbang buku.

Satu sisi, kita sangat sadar bahwa kemanjuan suatu bangsa salah satunya dilihat dari berkembangnya pendidikan yang ada. Sedangkan maju dan mundurnya suatu pendidikan itu sangat bergantung pada banyaknya buku yang tersedia. Meskipun, banyak atau sedikitnya buku bergantung pada kemauan setiap orang untuk membaca buku. Mengenai kemauan kita posisikan dibagian kedua, sedangkan bagian pertamanya adalah tersedianya fasilitas yaitu buku.

Namun, pustaka semesta tidak tergerus karena persoalan sedikit dan banyaknya buku. Sebab pustaka tersebut hanya terfokus untuk menawarkan membaca, tidak saja menawarkan buku. Kalau fokusnya membaca, berarti tidak hanya buku yang dibaca. Tetapi aktifitas membaca merupakan proses memaknai seluruh interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan alam, alam dengan makhluk, maupun makhluk dengan Tuhan, semuanya harus dibaca. Alam Bombo Ncera menyajikan itu, dan ditempat itu kita dapat menggali lebih jauh komunikasi yang dilakukan oleh udara, air, tanah, batu dan pepohanan. Mulai dari yang bergerak sampai yang tidak bergerak, dari yang melata sampai yang terbang.

Membaca bagaimana semut bisa bekerja sama sehingga dapat mengangkat suatu materi yang di anggap berat oleh bangsanya. Membaca air yang begitu tabah menjaga manusia dari kehausan, membaca pohon yang begitu gigih untuk meneduhkan manusia lewat rindangnya, membaca tanah yang begitu setia dalam melayani umat manusi, dan membaca tumbuh-tumbuhan yang begitu ayu dan merona untuk keberlangsungan ketenangan manusia. Dan kesimpulannya, Pustaka Semesta menawarkan untuk membaca seluruh makhluk dan materi yang tersaji di Bombo Ncera supaya kita bisa menghargai dan menghormati satu sama lain. Karena alam bisa hidup tanpa manusia, sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa alam.

Berarti kalau konteksnya harus membaca segalanya, maka sudah sesuai dengan namanya yaitu Pustaka Semesta.

Berwisatalah, tapi jangan lupa berkunjung ke dalam diri setiap makhluk yang hidup di tempat wisata tersebut.


Penulis: Dedi Purwanto, S.H.
Pemuda Pemerhati Daerah / Wakil Ketua IKASUKA Ilmu Hukum

Share this post :

Posting Komentar

Komentar netizen merupakan tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi. Kami berhak mengubah atau menghapus komentar yang mengandung intimidasi, pelecehan, dan SARA.

 
Copyright © 2015-2019. PEWARTAnews.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website